INFO - BIAYA - HARGA - ONGKOS - DAFTAR - PAKET - JADWAL - SYARAT - BIRO - PERJALANAN - PENYELENGGARA - MANASIK - IBADAH - TOUR - AND | TRAVEL HAJI | DAN - UMRAH - UMROH - KHUSUS - PLUS - DI JAKARTA - DI BANDUNG - 2011 - 2013 - DI SURABAYA - DI MEDAN - MURAH - ONH - INDONESIA - KUOTA - DEPAG - KBIH

sedikit tentang melempar jumrah dari onhplus.blogspot.com

melempar jumrah di haji-indonesia.com

Pada kesempatan hari ini onhplus.blogspot.com akan memberikan sedikit penjaelasan tentang melempar jumrah. Jumrah atau  tempat tugu pelemparan ini terletak di kota Mina .
Secara harfiah jumrah diartikan sebagai tempat pelemparan, keberadaan jumrah  untuk memperingati ketika Nabi Ibrahim AS  digoda oleh setan agar tidak melaksanakan perintah Allah menyembelih putranya Ismail. Sampai tiga kali Nabi Ibrahim digoda maka tiga kali pula Nabi Ibrahim melemparkan batunya kepada setan sebagaimana diperintah dan bimbingan langsung oleh malaikat.

Untuk mengenang peristiwa itu, maka ditempat itu kemudian dibangun tugu  yang di berinama nama Ula (pertama) disebut juga jumrah Surgha (jumrah kecil), Wusta (kedua) disebut juga jumrah Tsaniyah (jumrah sedang), dan Aqabah (ketiga) disebut juga jumrah Tsalitsah (jumrah besar).

Melempar jumrah adalah salah satu wajib haji. Bagi jama’ah yang tidak dapat melempar Jumrah, diwajibkan baginya membayar dam atau denda berupa seekor kambing, jika tidak mampu maka harus membayar fidyah atau berpuasa 10 hari yaitu 3 hari dimasa haji di tanah suci dan sisanya di tanah air.

Waktu melemparjumrah mulai setelah lewat tengah malam sampai terbenam matahari, sedangkan utamanya pada waktu duha (pagi setelah matahri terbit). Pada tanggal 10 Zulhijah (Hari Nahr) jema’ah haji hanya melempar 1 jumrah saja yaitu jumrah Aqabah.

Kemudian pada hari-hari Tasyrik yang lain, yaitu bertepatan pada tanggal 11, 12, 13 Zulhijah yang dilempar adalah ketiga-tiganya (Ula, Wusta, dan Aqabah). Melempar dimulai sesudah masuk waktu Zuhur atau sesaat tergelincirnya matahari sampai terbit besok pagi.

Untuk memberi kenyamanan saat pelemparan jumrah, dan agar tidak terjadi penumpukan massa, pemerintah Arab Saudi sudah membangun tempat pelemparan jumrah dalam beberapa tingkat.

demikianlah sedikit penjelasan onhplus.blogspot.com tentang melempar jumrah semoga bermampaat

sumber jurnalhaji.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel haji / daftar Haji / daftar Umrah / paket umrah 2013 / persiapan haji dengan judul sedikit tentang melempar jumrah dari onhplus.blogspot.com. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ongkos-onhplus.blogspot.com/2013/01/sedikit-tentang-melempar-jumrah-dari.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 02 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "sedikit tentang melempar jumrah dari onhplus.blogspot.com"

Posting Komentar